TABEL PIVOT
Buat PivotTable untuk menganalisis data lembar kerja
Misalnya, berikut ini adalah daftar sederhana dari pengeluaran rumah tangga, dan PivotTable berdasarkan daftar ini:
Data pengeluaran rumah tangga
|
PivotTable terkait
|
|
|
Catatan: Cuplikan layar dalam artikel ini
diambil di Excel 2016. Jika memiliki versi yang berbeda, tampilan Anda
mungkin sedikit berbeda, kecuali jika telah diketahui, fungsinya sama.
Sebelum Anda memulai
-
Data Anda harus ditata dalam tabular format, dan tidak memiliki setiap baris atau kolom kosong. Idealnya, Anda bisa menggunakan tabel Excel seperti dalam contoh di atas.
-
Tabel adalah sumber data PivotTable, karena baris ditambahkan
ke tabel secara otomatis disertakan dalam PivotTable ketika Anda
me-refresh data, dan kolom baru yang akan disertakan dalam daftar Bidang PivotTable . Jika tidak, Anda perlu memperbarui secara manual rentang sumber datasalah satu, atau menggunakan rumus dinamis rentang bernama.
-
Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, Anda tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.
-
PivotTable berfungsi pada jepretan layar data, yang disebut
dengan cache, sehingga data aktual Anda tidak diubah dengan cara apa
pun.
Membuat PivotTable
Jika memiliki pengalaman terbatas dengan PivotTable, atau tidak yakin bagaimana memulainya, PivotTable yang Direkomendasikan adalah pilihan yang baik. Saat menggunakan fitur ini, Excel menentukan tata letak yang berguna dengan mencocokkan data dengan area yang paling cocok dalam PivotTable. Hal ini membantu memberi Anda titik awal untuk eksperimen tambahan. Setelah PivotTable yang direkomendasikan dibuat, Anda dapat menjelajahi orientasi berbeda dan menyusun ulang bidang untuk mendapatkan hasil tertentu. Fitur PivotTable yang Direkomendasikan ditambahkan di Excel 2013, jadi jika Anda memiliki versi terdahulu, ikuti instruksi di bawah ini untuk cara membuat PivotTable secara manual sebagai gantinya.
PivotTable yang Direkomendasikan
|
Membuat PivotTable secara manual
|
|
|
Bekerja dengan daftar Bidang PivotTable
Di area Nama bidang di bagian atas, pilih kotak centang untuk setiap bidang yang ingin Anda tambahkan ke PivotTable Anda. Secara default, bidang nonnumerik ditambahkan ke area baris , bidang tanggal dan waktu ditambahkan ke area kolom dan bidang numerik ditambahkan ke area nilai . Anda bisa juga secara manual seret dan letakkan tersedia item ke dalam setiap bidang PivotTable, atau jika Anda tidak lagi ingin sebuah item dalam PivotTable Anda, cukup seret keluar dari daftar bidang atau Hapus centang tersebut. Kemampuan untuk menyusun ulang bidang item adalah salah satu dari fitur PivotTable yang membuatnya sangat mudah untuk dengan cepat mengubah tampilannya.
Daftar Bidang PivotTable
|
Bidang terkait di PivotTable
|
|
|
Nilai PivotTable
-
Meringkas Nilai Berdasarkan
Secara default, bidang PivotTable yang diletakkan di area Nilai akan ditampilkan sebagai JUMLAH. Jika Excel menerjemahkan data Anda sebagai teks, data tersebut akan ditampilkan sebagai HITUNGAN. Inilah sebabnya sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mencampur tipe data untuk nilai bidang. Anda dapat mengubah perhitungan default dengan terlebih dahulu mengklik panah di sebelah kanan nama bidang, lalu memilih opsi Pengaturan Bidang Nilai.
Berikutnya, ubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan. Perhatikan bahwa saat Anda mengubah metode penghitungan, Excel akan secara otomatis menambahkannya di bagian Nama Kustom, seperti "Sum of FieldName", tetapi Anda dapat mengubahnya. Jika mengklik tombol Format Angka, Anda dapat mengubah format angka untuk seluruh bidang.
Tips: Karena mengubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan akan mengubah nama bidang PivotTable, lebih baik untuk tidak mengganti nama bidang PivotTable sampai Anda selesai menyiapkan PivotTable. Salah satu triknya adalah menggunakan Temukan & Ganti (Ctrl + H) >Temukan apa > "Jumlah dari", lalu Ganti dengan > biarkan kosong untuk mengganti semuanya sekaligus, dan bukan mengetik ulang secara manual. -
Perlihatkan Nilai Sebagai
Alih-alih menggunakan penghitungan untuk meringkas data, Anda juga bisa menampilkannya sebagai persentase dari bidang. Dalam contoh berikut ini, kami diubah untuk menampilkan sebagai % dari Total keseluruhan dan bukan jumlah nilai jumlah pengeluaran rumah tangga.
Setelah membuka dialog Pengaturan Bidang Nilai, Anda dapat membuat pilihan dari tab Perlihatkan Nilai Sebagai.
-
Tampilkan nilai sebagai perhitungan dan persentase.
Cukup seret item ke dalam bagian Nilai dua kali, lalu atur masing-masing opsi Rangkum Nilai Berdasarkan dan Perlihatkan Nilai Sebagai.
Komentar
Posting Komentar