CARA MEMBUAT TABEL DAN EQUATION
TABEL DAN EQUATION
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 TABEL
Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom yang membentuk
kotak-kotak. Tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list
dari sebuah barang atau nama. Pada tutorial microsoft word kali ini kami
akan menjelaskan tentang cara membuat tabel pada microsoft office word.
Membuat tabel pada microsoft word memang terbilang sangat mudah, kita
tinggal menentukan jumlah baris dan kolom sehingga terbentuk
kotak-kotak yang akan kita isi. Untuk membuat tabel pada microsoft word
ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka program microsoft word anda
- Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft
word.
- Klik insert pada menu bar
- Pada menu tabel klik anak panah kebawah
- Anda bisa memilih kolom dan baris yang diinginkan dengan mengklik
kotak-kotak.
- Atau anda juga bisa memilih insert tabel dibagian bawah kotak-kotak.
- Pada jendela insert tabel tentukan number of coloum dan number of rows.
- Kemudian klik OK
Jika anda sudah membuat tabel dan ternyata jumlah baris pada tabel anda
masih kurang anda bisa mengklik tombol tab pada keyboard, maka tabel
akan bertambah secara otomatis dibawahnya.
Sebagaimana yang kita tau tabel ini salah satu menu yang sangat
berfungsi bagi pengguna, walaupun tidak secanggih dengan Microsoft exel.
Dalam menu table terdapat berbagai macam kegunaan mulai dari insert
table, draw table, exel spreadsheet dan juga Quick table. Berikut ini
pemaparan dan juga gambaran fungsi dari masing-masing bagian-bagian dari
tables :
2.2 Fungsi Tabel pada Microsoft Word
- Tables, digunakan untuk menyisipkan tabel ke dalam document yang anda
buat. Table sendiri berada di bagian menu Insert
- Insert Table, digunakan untuk menambahkan colom dan row sesuai
keinginan anda.
- Draw Table, berfungsi untuk membuat table secara manual.
- Exel Spreadsheet, Menampilkan tambilan exel pada Microsoft word, jadi anda bisa membuat table menggunakan exel di dalm word
- Quick Tables, Membuat tabel secara cepat (Quick), Microsoft word juga menyediakan berbagai macam table
2.3 Equation
Equation editor adalah sebuah aplikadi Microsoft Office Word yang
fungsinya membantu kita dalam membuat rumus-rumus
matematika,persamaan,akar pangkat kuadrat,rumus kimia,dan sejenisnya.
Microsoft equation berbeda pada setiap tipe microsoft word nya.
2.4 Cara Penggunaan Equation.
jika anda ingin menampilkan sebuah rumus dan fungsi matematika seperti
logaritma,eksponen,integral dan lainnya ke dalam dokumen word anda dapat
menggunakan simbol equation pada saat mengetik rumus,maka Equatin
Editor akan memfomat secara otomatis setiap elemen rumus yang anda
inginkan dan langsung dapat disisipkan pada dokumen.
Untuk memulai nya adalah sbb:
1. Klik tombol equation pada ribbon insert pada group symbol.sehingga
akan timbul pilihan rumus yg disediakan.
2. pilih salah satu rumus yg tersedia atau tidak anda dapat membuat
rumus sendiri dengan cara mengklik insert new equation.
3. kemudaian akan tampil equation tools,pada group Structrures akan ada
beberapa pilihan struktur rumus yang dapat Anda pilih dan isikan..
4. setelah itu klik diluar area rumus yang anda buat,maka rumus yang
tadi langsung disisipkan pada dokumen anda.
2.5 Fungsi Equation
Setiap syombol memiliki fungsi tersendiri:
1. Fraction, ini digunakan untuk membuat rumus pembagian.
2. Script, digunakan untuk membuat rumus bilangan berpangkat.
3. Radical, digunakan untuk membuat rumus bilangan akar.
4. Integral,digunakan untuk membuat rumus Integral.
5. Large Operator,digunakan untuk membuat rumus bilangan sigma.
6. Bracket,digunakan untuk membuat kurung kurawal.
7. Function,digunakan untuk membuat rumus sin,cotangen,dll.
8. Accent digunakan untuk membuat rumus bilangan aksen.
9. Limit and log,digunakan untuk membuat rumus limit,logaritma,min dan
max.
10. Operator,digunakan untuk membuat rumus simbol.
11. Matrix,digunakan untuk membuat rumus matrix.
Contoh membuat rumus:
A. agar kita lebih mudah memahami di bawah ini adalah contoh bagaimana
menulis fungsi Pembagian(per)
- Klik pada tombol Fraction , nanti akan muncul beberapa
pilihan , pilihlah yang urutan pertama.
-Setelah dipilih nanti akan muncul form pengisian angka,masuklah angka
yang anda inginkan.
Menulis akar.
• klik pada tombol Radikal.
• kemudian pilih format akar yang kamu inginkan.
• kemudian masukkan angka yang anda inginkan pada kolom yang telah
tersedia.
• rumus telah selesai dibuat.
2.6 Cara-Cara Membuat Rumus.
- Menggunakan mouse :
- Tekan menu insert
- Tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ]
- Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
- Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
- Mulai menulis rumus
- Menggunakan Keyboard
Cara 1 :
- Tekan tombol Alt
- Liat posisi menu yang berwarna kuning
- Gunakan tombol arrow kakan / kiri, untuk berpindah antar menu / sub
menu [ pastikan ke menu insert ]
- Gunakan tombol tab untuk masuk ke sub menu
- Gunakan tombol tab / arrow untuk menuju ke menu Equation
- Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
- Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
- Mulai menulis rumus
Cara 2 :
- Tekan tombol Alt
- Tekan huruf N [ masuk ke menu insert ]
- Tekan huruf E [ masuk ke menu Equation ]
- Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
- Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
- Mulai menulis rumus
Cara 3 :
- Tekan kombinasi tombol Alt + = [ Alt dan = , ditekan bareng ]
- Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
- Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
- Mulai menulis rumus
Microsoft Equation adalah sarana yang digunakan media untuk mempermudah
dalam pembuatan rumus-rumus
Komentar
Posting Komentar