CARA MEMBUAT TABEL DAN EQUATION

TABEL DAN EQUATION

BAB II PEMBAHASAN 2.1 TABEL Tabel adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom yang membentuk kotak-kotak. Tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau nama. Pada tutorial microsoft word kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat tabel pada microsoft office word. Membuat tabel pada microsoft word memang terbilang sangat mudah, kita tinggal menentukan jumlah baris dan kolom sehingga terbentuk kotak-kotak yang akan kita isi. Untuk membuat tabel pada microsoft word ikuti langkah-langkah berikut ini: - Buka program microsoft word anda - Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar kerja microsoft word. - Klik insert pada menu bar - Pada menu tabel klik anak panah kebawah - Anda bisa memilih kolom dan baris yang diinginkan dengan mengklik kotak-kotak.
- Atau anda juga bisa memilih insert tabel dibagian bawah kotak-kotak. - Pada jendela insert tabel tentukan number of coloum dan number of rows.
- Kemudian klik OK Jika anda sudah membuat tabel dan ternyata jumlah baris pada tabel anda masih kurang anda bisa mengklik tombol tab pada keyboard, maka tabel akan bertambah secara otomatis dibawahnya. Sebagaimana yang kita tau tabel ini salah satu menu yang sangat berfungsi bagi pengguna, walaupun tidak secanggih dengan Microsoft exel. Dalam menu table terdapat berbagai macam kegunaan mulai dari insert table, draw table, exel spreadsheet dan juga Quick table. Berikut ini pemaparan dan juga gambaran fungsi dari masing-masing bagian-bagian dari tables : 2.2 Fungsi Tabel pada Microsoft Word - Tables, digunakan untuk menyisipkan tabel ke dalam document yang anda buat. Table sendiri berada di bagian menu Insert - Insert Table, digunakan untuk menambahkan colom dan row sesuai keinginan anda.
- Draw Table, berfungsi untuk membuat table secara manual.
- Exel Spreadsheet, Menampilkan tambilan exel pada Microsoft word, jadi anda bisa membuat table menggunakan exel di dalm word
- Quick Tables, Membuat tabel secara cepat (Quick), Microsoft word juga menyediakan berbagai macam table
2.3 Equation Equation editor adalah sebuah aplikadi Microsoft Office Word yang fungsinya membantu kita dalam membuat rumus-rumus matematika,persamaan,akar pangkat kuadrat,rumus kimia,dan sejenisnya. Microsoft equation berbeda pada setiap tipe microsoft word nya. 2.4 Cara Penggunaan Equation. jika anda ingin menampilkan sebuah rumus dan fungsi matematika seperti logaritma,eksponen,integral dan lainnya ke dalam dokumen word anda dapat menggunakan simbol equation pada saat mengetik rumus,maka Equatin Editor akan memfomat secara otomatis setiap elemen rumus yang anda inginkan dan langsung dapat disisipkan pada dokumen. Untuk memulai nya adalah sbb: 1. Klik tombol equation pada ribbon insert pada group symbol.sehingga akan timbul pilihan rumus yg disediakan. 2. pilih salah satu rumus yg tersedia atau tidak anda dapat membuat rumus sendiri dengan cara mengklik insert new equation. 3. kemudaian akan tampil equation tools,pada group Structrures akan ada beberapa pilihan struktur rumus yang dapat Anda pilih dan isikan.. 4. setelah itu klik diluar area rumus yang anda buat,maka rumus yang tadi langsung disisipkan pada dokumen anda. 2.5 Fungsi Equation Setiap syombol memiliki fungsi tersendiri: 1. Fraction, ini digunakan untuk membuat rumus pembagian. 2. Script, digunakan untuk membuat rumus bilangan berpangkat. 3. Radical, digunakan untuk membuat rumus bilangan akar. 4. Integral,digunakan untuk membuat rumus Integral. 5. Large Operator,digunakan untuk membuat rumus bilangan sigma. 6. Bracket,digunakan untuk membuat kurung kurawal. 7. Function,digunakan untuk membuat rumus sin,cotangen,dll. 8. Accent digunakan untuk membuat rumus bilangan aksen. 9. Limit and log,digunakan untuk membuat rumus limit,logaritma,min dan max. 10. Operator,digunakan untuk membuat rumus simbol. 11. Matrix,digunakan untuk membuat rumus matrix. Contoh membuat rumus: A. agar kita lebih mudah memahami di bawah ini adalah contoh bagaimana menulis fungsi Pembagian(per) - Klik pada tombol Fraction , nanti akan muncul beberapa pilihan , pilihlah yang urutan pertama. -Setelah dipilih nanti akan muncul form pengisian angka,masuklah angka yang anda inginkan. Menulis akar. • klik pada tombol Radikal. • kemudian pilih format akar yang kamu inginkan. • kemudian masukkan angka yang anda inginkan pada kolom yang telah tersedia. • rumus telah selesai dibuat. 2.6 Cara-Cara Membuat Rumus. - Menggunakan mouse : - Tekan menu insert - Tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ] - Akan muncul sebuah kotak di area dokumen - Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki - Mulai menulis rumus - Menggunakan Keyboard Cara 1 : - Tekan tombol Alt - Liat posisi menu yang berwarna kuning - Gunakan tombol arrow kakan / kiri, untuk berpindah antar menu / sub menu [ pastikan ke menu insert ] - Gunakan tombol tab untuk masuk ke sub menu - Gunakan tombol tab / arrow untuk menuju ke menu Equation - Akan muncul sebuah kotak di area dokumen - Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki - Mulai menulis rumus Cara 2 : - Tekan tombol Alt - Tekan huruf N [ masuk ke menu insert ] - Tekan huruf E [ masuk ke menu Equation ] - Akan muncul sebuah kotak di area dokumen - Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki - Mulai menulis rumus Cara 3 : - Tekan kombinasi tombol Alt + = [ Alt dan = , ditekan bareng ] - Akan muncul sebuah kotak di area dokumen - Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki - Mulai menulis rumus Microsoft Equation adalah sarana yang digunakan media untuk mempermudah dalam pembuatan rumus-rumus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GRAFIK DAN DIAGRAM

TABEL PIVOT